Soal Kriteria Sekda, Al Haris: "Memahami Visi Bupati"

Rabu, 09 Januari 2019 - 20:41:41 | dibaca: 258 kali


Ilustrasi
Ilustrasi / ist-net

BANGKO, meranginekspres.com- Bupati Merangin Al Haris menjelaskan beberapa kriteria  Sekretaris Daerah atau Sekda Merangin baginya. Selain harus mengikuti visi dan misi dibawanya, Al Haris punya kriteria lain.

‘’Yang penting bisa mengayomi ASN (Aparatur Sipil Negara, red), bisa menyatukan eselon II, punya daya rangkul yang kuat kepada masyarakat, karena memang fungsinya mendukung (kinerja Pemkab, red),” kata Al Haris kepada Merangin Ekspres saat ditemui di ruang kerjanya.

Al Haris mengatakan pihaknya saat ini tengah membentuk tim Panitia Seleksi (Pansel) Sekda yang berasal dari beberapa perguruan tinggi ternama di Provinsi Jambi serta pejabat Pemrov (Pemerintah Provinsi).

‘’54 persen dari perguruan tinggi, dan selebihnya 45 persen dari pejabat Pemprov,” lanjut Al Haris.

Meski memiliki hak prerogatif, Al Haris mengaku tidak memiliki ‘pesanan khusus’ pejabat yang akan ditempatkan sebagai sekda definitif.

Namun diketahui dan pernah diberitakan sebelumnya, Al Haris mengakui sudah mengantongi sejumlah nama pejabat yang akan direkomendasikan untuk mengisi jabatan Sekda.

‘’Nanti kan ada proses lelang. Jadi, ada kemungkinan untuk penambahan. Sejauh ini yang dikantongi baru tujuh nama,” ujar Al Haris.

Lalu siapakah nama-nama tersebut. Al Haris hanya tersenyum, sembari berkata bahwa keputusan tersebut belum final. Mengingat proses lelang yang akan menjadi pertimbangan.

‘’Karena memerlukan proses yang panjang, ada Open Bidding (lelang jabatan, red), Job Fit (uji kompetensi, red) maka mereka nanti akan diseleksi oleh tim Pansel di sana,” kata Al Haris.

Meski tidak membeberkan ke tujuh nama tersebut, Al Haris menjelaskan salah satu pertimbangannya adalah berdasarkan perwakilan dari empat Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Merangin.

‘’Walaupun begitu, nantinya tidak akan menjadi penentuan mutlak. Masih panjang prosesnya, yang penting mereka mampu bekerja dan telah lulus seleksi jabatan,” pungkasnya.

Penulis: dhan
Editor: zhf