Pimpinan OPD Kosong, Plh Sekda Sebut Tidak Berpengaruh

Rabu, 19 Desember 2018 - 20:29:18 | dibaca: 152 kali


Kantor Bupati Merangin
Kantor Bupati Merangin / ist-net

BANGKO, meranginekspres.com- Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Merangin Hendri Maidalef mengatakan,  kekosongan beberapa pejabat pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten tidak akan berpengaruh dengan kinerja instansinya.

‘’Tidak akan berpengaruh (kinerja kantornya, red). Karena merupakan suatu kelembagaan yang struktural kinerjanya tidak akan bergantung dengan satu orang saja,” ujar Hendri ditemui di ruang tunggu Bupati Merangin, Rabu (19/12).

‘’Jika tidak ada Kepala Dinas, tentu akan dibackup Sekretaris (Sekdin, red) begitupun dengan struktur lainnya ada bidang ada kasi,” kata Hendri.

Setidaknya dari pantauan Merangin Ekspres ada 4 kepala OPD yang kosong dan  1 sekwan DPRD Merangin. Yaitu Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Merangin, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Merangin, dan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Merangin, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten (Kesbangpol) Merangin serta Sekretaris Dewan Kabupaten Merangin.

‘’Tapi yang belum sampai meja saya  (surat pengunduran, red) adalah Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pak Arislan. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Pak Azwar. dan Dinas Peternakan dan Perkebunan, Markoni, maupun Kesbangpol,” kata Hendri.

Lalu kenapa tidak diisi pejabat definif ?

Hendri mengatakan pihaknya masih menunggu instruksi Bupati Merangin.

‘’Sebelumnya mana nama-nama yang telah menembuskan kepada kami sudah saya teruskan ke Bupati Merangin,”  ungkapnya.

Mengenai kapan akan dilaksanakan pelantikan lanjut Hendri, saat ini proses defenitifnya sedang berjalan yang akan dilaksanakan sekitar bulan Januari 2019 nanti.

‘’Tidak akan kita biarkan lama-lama. Secepatnya kita upayakan pengisian jabatan yang lowong tersebut dengan pejabat definitif. Tentunya sesuai aturan yang berlaku,” lanjutnya.

Disinggung terkait orang-orang seperti apa yang akan mengisi jabatan tersebut. Dikatakan Hendri yaitu kriteria pejabat yang memiliki integritas dan kapasitas dalam bekerja.

‘’Yang pengisian jabatan itu tetap memperhatikan kemampuan personel yang handal, integritas dan kapasitas. Agar nantinya tetap mengacu pada prinsif The Right Man On The Right Place,” pungkasnya.

Untuk diketahui dari jabatan OPD diatas yang kosong diisi Kepala Dinas lain dalam artian dirangkap jabatan. Seperti Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang dijabat oleh Sukoso yang tak lain sebagai Kadis Pemadam Kebakaran (Damkar)dan Penyelamatan Merangin. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten (Kesbangpol) Merangin dijabat oleh Hendri Maydalef yang tak lain sebagai Plh Sekda Merangin sendiri. Sekretaris DPRD Merangin Fauziah, yang jabatannya juga staf ahli kantor Bupati Merangin.

Penulis: dhon
Editor: zhf