Tak Lama Usai Beraksi, Pelaku Jambret Langsung Dibekuk

Selasa, 27 November 2018 - 00:11:14 | dibaca: 2632 kali


Pelaku Jambret berikut barang bukti, saat diamankan jajaran Reskrim Polsekta Bangko
Pelaku Jambret berikut barang bukti, saat diamankan jajaran Reskrim Polsekta Bangko / ist

BANGKO, meranginekspres.com- Aksi penjambretan kembali terjadi di wilayah hukum Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Bangko. Kali ini aksi tersebut menimpa Sinur Murni Simanjuntak (43), warga desa Sungai Kapas Kecamatan Bangko.

Beruntung, pelaku jambret berhasil diamankan aparat kepolisian dalam waktu hanya hitungan jam usai beraksi.

Kejadian berawal ketika korban bersama anaknya menunggangi sepeda motor melintasi salah ruas jalan dibilangan Simpang Petai, Talangkawo Bangko, Senin (26/11) siang.

Saat tengah fokus mengendara, tiba-tiba korban dipepet oleh pelaku yang juga mengendarai sepeda motor. Setelah mendekat, tak ayal pelaku langsung merampas paksa tas milik korban yang saat itu dipegang anak korban yang membonceng.

Pelaku yang mencoba bertahan bahkan nyaris terjatuh dari sepeda motor. Beruntung ia berhasil menguasai laju kendaraannya, meski tas miliknya raib dibawa pelaku.

‘’Kaget saya saat jambret itu tiba-tiba narik tas saya, hampir jatuh, motor pun sudah oleng, dan tas saya waktu itu dipegang anak saya dibelakang,‘’ tutur Korban.

Merasa menjadi korban Jambret, korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsekta Bangko.

Mendapati laporan korban, jajaran aparat Polsekta Bangko langsung bergerak untuk mencari pelaku.

Tidak perlu waktu lama, hanya sekitar satu jam berselang, Unit Rekrim Polsek Kota Bangko berhasil mengamankan Pelaku penjambretan yang diketahui bernama Edi Setiawan (21), warga Tanjung Lamin, Kecamatan Pamenang Barat.

Dari pengakuan Pelaku saat diintrogasi petugas, Ia mengaku terpaksa melakukan aksi kriminal itu, karena alasan kepepet. Menurut pengakuan pelaku, hasil aksinya itu rencana nya akan dugunakan untuk biaya berobat anaknya yang sedang sakit keras. Pelaku juga mengaku baru kali ini melakukan aksi nekat tersebut.

‘’Kepepet aku bang, anak aku sakit keras dan banyak membutuhkan biaya untuk berobat kerumah sakit. Aku baru sekali ini (menjambret), lantaran lah kepepet nian," beber Pelaku.

Kapolsek Kota Bangko, Iptu Echo Sitaurus membenarkan adanya tindak pidana penjambretan. Dan pelaku telah diamankan anggotanya saat bersembunyi di perkebunan sawit tidak jauh dari lokasi kejadian, hanya berselang sekitar satu jam usai melancarkan aksinya.

‘’Memang benar angota kami mengamankan satu pelaku penjambretan, satu jam setelah laporan kita terima, angota lansung bergerak mencari si pelaku,‘’ kata Kapolsekta.

Dikatakan Kapolsek, bersama pelaku juga diamankan sejumlah barang bukti berupa 2 unit Hp, satu tas serta beberapa isi tas yang mungkin dianggap tidak penting dan sudah dibuang oleh pelaku.

"Pelaku bisa dikenakan pasal 363 KUHP, dimana ancaman hukumannya diatas Delapan tahun Penjara,‘’ jelasnya.

Penulis: eric
Editor: zhf