Operasi Zebra, Polantas Keluarkan 982 Surat Tilang

Rabu, 14 November 2018 - 21:10:28 | dibaca: 142 kali


Operasi Zebra yang digelar Satlantas Polres Merangin belum lama ini
Operasi Zebra yang digelar Satlantas Polres Merangin belum lama ini / eric-me

BANGKO, meranginekspres.com- Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Merangin mengeluarkan sebanyak 982 surat tilang selama operasi zebra, 30 Oktober hingga 12 November 2018.

Dari total keseluruhan surat tilang tersebut,didominasi pengendara kenderaan roda dua. Dengan beragam pelanggaran, seperti tidak menggunakan helm, tidak menggunakan kaca spion, melawan arus, serta menggunakan handphone (HP) sambil berkendara.

‘’Total keseluruhan ada 982 surat tilang yang kita keluarkan. Hampir 70% merupakan pelanggaran pengendara sepeda motor,” kata Iptu Adli, Kasatlantas Polres Merangin, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Selasa (13/11).

‘’Sedangkan kenderaan roda empat rata-rata pelanggaran karena penumpang tidak menggunakan sabuk pengaman (seat bealt). Padahal resiko kecelakaan dapat ditekan dengan menggunakan sabuk pengaman,” kata Iptu Adli.

Selama 14 hari pelaksanaan operasi lanjut Iptu Adli, ada 2 nyawa melayang akibat kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

‘’Dua laka lantas  yang mengakibatkan korban meninggal dunia itu terjadi di desa Limbur Kecamatan Pamenang Barat dan desa Koto Rayo Kecamatan Tabir,” lanjutnya.

Iptu Adli menjelaskan penindakan atau tilang merupakan tindakan kepolisian guna mengurangi laka karena awal laka adalah pelanggaran bagi pengguna jalan baik bagi dirinya membahayakan keselamatan maupun orang lain.

‘’Fokus keselamatan pengendara di jalan raya saat Operasi Zebra tahun ini yakni pelanggaran helm, penggunaan HP saat mengemudi, berkendara saat mabuk, melanggar batas kecepatan, melawan arus, pelanggaran sabuk pengaman dan pengemudi,” pungkasnya.

Lebih lanjut Iptu Adli berharap, dengan operasi zebra tersebut para pengendara bisa lebih patuh dan taat terhadap aturan lalu lintas.

‘’Kita berharap mereka (pengendara, red) bisa lebih mematuhi aturan berlalulintas dan merasakan efek jera karena telah ditindak,” pungkasnya.

Penulis: dhan/eric
Editor: zhf