Antisipasi Bencana, Pemkab Bentuk Tim

Rabu, 07 November 2018 - 19:52:04 | dibaca: 87 kali


Al Haris
Al Haris / dok-me

BANGKO, meranginekspres.com- Mengantisipasi rawan bencana di musim penghujan, seperti banjir dan longsor. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin bentuk tim siaga bencana, yang nantinya disiagakan untuk turun ke lokasi untuk mengevakuasi korban, serta menyalurkan bantuan logistik dari Pemerintah Daerah.

Hal ini disampaikan Bupati Merangin Al Haris, usai menghadiri undangan kegiatan rapat paripurna rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merangin, Rabu (7/11).

Al Haris mengaku  bahwa Pemerintah Daerah  sudah mengantisipasi bencana alam akibat masuknya musim penghujan sejak beberapa hari belakang.

‘’Yang jelas kita sudah melaksanakan apel siaga karhutla untuk menghadapi bencana alam di Kabupaten Merangin,” ujarnya.

Selain membentuk tim siaga bencana lanjut Al Haris, yang nantinya di tempatkan di beberapa titik sebagai antisipasi tim jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

‘’Hari ini kita  sudah punya tim siaga bencana, saya kira pemerintah sudah siap, juga evakuasi korban, seperti badan titik-titik rawan bencana,” lanjutnya.

Lebih lanjut Al Haris menyampaikan, selain antisipasi penanganan longsor dan banjir, ada hal lain yang yang juga perlu ada pencegahan. Salah satunya masalah nyamuk penyebab demam berdarah yang bisa menyebabkan si penderita meninggal dunia.

Persoalan penyakit demam berdarah ini, kerap muncul di musim penghujan.

‘’Kalau musim hujan sekarang yang paling penting itu jemantik, korbannya lebih banyak daripada banjir,” katanya.

Untuk itu ia mengimbau agar warga Kabupaten Merangin terutama yang berada di daerah rawan bencana longsor dan banjir agar selalu waspada. Hal ini mengingat curah hujan sudah mulai meningkat.

‘’Mengingat potensi banjir dan longsor diperkirakan akan meningkat seiring memasuki puncak penghujan di berbagai wilayah yang dimulai November hingga Februari tahun depan,” pungkasnya.

Penulis: dhan
Editor: zhf