Bawaslu Merangin Panggil Ketua DPW NasDem, Ada Apa ?

Senin, 05 November 2018 - 20:20:41 | dibaca: 267 kali


Ketua DPW NasDem, Agus S Roni saat diperiksa tim Gakumdu Merangin, kemarin
Ketua DPW NasDem, Agus S Roni saat diperiksa tim Gakumdu Merangin, kemarin / dhan-me

BANGKO, merangiekspres.com- Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Provinsi Jambi, Agus S Roni, Senin (5/11) sekitar pukul 14.00 WIB memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Merangin.

Pemanggilan terhadap orang nomor Satu di Partai Nasdem Provinsi Jambi ini, terkait dugaan pemalsuan dokumen persyaratan pencalonan anggota DPRD Merangin periode 2014-2019, Fauzi Yusuf.

Agus S Roni tiba di sekretariat Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Kabupaten Merangin sekitar pukul 14.00 WIB, didampingi ketua DPD Nasdem Kabupaten Merangin, Badri Husin dan Sekretaris Nasdem Kabupaten Merangin, Edi Suratno serta beberapa orang pengurus partai berslogan Restorasi Indonesia tersebut.

Ketua Bawaslu Merangin, Alber Trisman mengatakan kasus ini merupakan limpahan dari Bawaslu Provinsi Jambi, untuk ditindaklanjuti di Bawaslu Merangin. Ia menyebut pihaknya juga telah melakukan pemanggilan beberapa saksi lainnya pada Jum’at (2/11) lalu terkait laporan ini.

‘’Kemarin Jum’at (2/11) kita juga melakukan pemanggilan terhadap Sekretaris DPW, Pelapor, dan beberapa saksi, itu semua hadir,” kata Alber.

Diketahui, Agus Roni diperiksa selama 75 menit, pemeriksaan dimulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 15.15 WIB, ia dicecar 16 pertanyaan oleh tim Gakumdu Merangin.

‘’Ada 16 pertanyaan yang kita ajukan, itu terkait dengan laporan pelapor,” ujar Alber.

Disinggung aturan mana yang diduga dilanggar terlapor, Alber mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memberikan keterangan hal itu, karena masih dalam tahap pemeriksaan.

‘’Tidak tau juga aturan yang mana dilanggar, ini kan masih tahap pemeriksaan. Dalam arti dalam tahap pemeriksaan, tahap penyelidikan, akan kita kaji kembali aturan mana yang dilanggar, apa yang dilanggar,” katanya.

Dugaan pemalsuan dokumen persyaratan itu sendiri menurut Alber, dilaporkan oleh Badri Husin dan Edi Suratno pada tanggal 26 Oktober 2018 lalu ke Bawaslu Provinsi Jambi, yang penanganannya dilimpahkan ke Bawaslu Kabupaten Merangin.

Lalu adakah kemungkinan pihak lain yang akan dipanggil Bawaslu Merangin. Alber tak menampik hal ini.

‘’Ya besok siang sekitar pukul 14.00 WIB, kita memanggil pihak KPU Merangin untuk meminta keterangan,” ujar Alber.

Sementara, Agus S Roni belum bersedia saat diminta tanggapannya oleh Merangin Ekspres, dan memilih menyerahkan kepada Ketua DPD Merangin Badri Husin.

‘’Saya baru kembali dari Jakarta, masih ngantuk. Silahkan konfirmasi saja sama Pak Badri Husin saja ya,” ucapnya usai diperiksa, sambil bergegas memasuki mobil meninggalkan sekretariat Gakumdu Merangin.

Penulis: dhan
Editor: zhf