Tak Kirim Berkas, Bisa Lolos Seleksi Administrasi ?

Rabu, 31 Oktober 2018 - 16:59:50 | dibaca: 1541 kali


Ilustrasi
Ilustrasi / ist-net

BANGKO, meranginekspres.com- Tahapan seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Merangin, menyisakan banyak persoalan.

Setelah sebelumnya menuai kritikan akibat adanya revisi berikut penambahan peserta lulus, persoalan baru kembali mencuat.

Informasi yang didapat meranginekspres.com di lapangan, ada peserta disinyalir tidak mengirim berkas fisik, namun dinyatakan lulus saat hasil seleksi berkas di umumkan.

Informasi ini berawal dari pengakuan PN, teman salah satu peserta yang dinyatakan lulus pada seleksi administrasi.

Menurut PN, ia tahu persis bahwa berkas teman nya tersebut tak terkirim, karena berkas tersebut dititipkan kepada dirinya dan tak sempat ia kirim karena suatu alasan.

"Dia (peserta yang lulus_red) kan tidak bisa mengantar berkas nya ke kantor Pos, jadi dia titip ke saya hari terakhir pengiriman itu. Nah pas hari itu orang tua saya sakit, jadi saya tidak sempat mengirim berkas dia itu," ungkap PN kepada meranginekspres.com.

Dia mengaku terkejut saat mengetahui nama temannya itu muncul pada saat pengumuman, yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Merangin, beberapa hari lalu.

"Padahal berkas dia itu sampai hari ini masih ada sama saya," ujar PN lagi.

Baca JugaSeleksi Berkas CPNS Merangin Terus Disorot

Untuk memastikan hal itu, meranginekspres.com mencoba menelusuri dengan melakukan investigasi ke pihak BKPSDMD Kabupaten Merangin.

Saat ditemui investigator meranginekspres.com, yang mengaku sebagai adik dari salah satu peserta yang dinyatakan lulus, meski tak mengirim berkas. Kasubbag Kepegawaian, pada BKPSDMD Merangin Safrizal, selaku tim penerima berkas, membenarkan jika berkas yang tidak dikirim lewat kantor pos, maka tidak akan sampai kepada pihaknya.

“Jika tidak dikirim ya tidak akan ada di sini,” ungkapnya.

Namun anehnya, dia menyatakan bahwa hal tersebut tidak jadi persoalan. Bahkan ia meminta agar berkas itu dikirim secepatnya langsung ke kantor BKPSDMD Merangin, agar saat ditanya panitia pusat nantinya berkas itu ada pada mereka. 

“Sore nanti kirim ya sama saya, ikut saja ujian besok, tidak apa-apa kok,” kata Safrizal.

Penulis: dhon
Editor: zhf