Wabup Minta Warga Urus Administrasi Kependudukan

Selasa, 09 Oktober 2018 - 22:48:05 | dibaca: 185 kali


Hilalatil Badri, Wabup Sarolangun
Hilalatil Badri, Wabup Sarolangun / ist-net

SAROLANGUN, meranginekspres.com- Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dalam beberapa tahun ini sudah berupaya untuk membenahi sistem agar memudahkan proses masyarakat untuk mengurus administrasi data kependudukan. Hal itu belum juga mencapai angka 90 persen.

Dari data bersih yang dikeluarkan oleh Dikdak Kepedudukan dan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, pada semester I 2018 per tanggal 30 Juni berjumlah 3.16.210 jiwa. Sementara jumlah penduduk yang wajib e-KTP 2.23.445 . Maka jumlah Persentasenya 70,66 persen dari jumlah penduduk wajib KTP yang telah merekam 1.56.946 atau 70,24 persen.

Dari Pesentse itu, masih ada 30 persen penduduk yang belum merekam dengan hitungan individu berjumlah 66,496 jiwa.

Hal itu dibacakan oleh Wakil Bupati Sarolangun Saat Membuka Acara Sosialisi Perubahan Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Senin (08/10) di Aula Bappeda Sarolangun.

Wakil Bupati Sarolangun, Hilallatil Badri meminta, upaya dalam menindaki hal ini butuh peran semua, mulai dari pihak Kecamatan, Kelurahan sampai Pemerintah Desa.

"Kita minta seluruhnya Proaktif, dalam hal ini mulai dari Kades harus koordinasi kecamatan dan camat berkoordinasi dengan pihak Disdukcapil Sarolangun,"katanya.

Dikatakan Wabup, Pemerintah sudah melakukan jemput bola, dalam hal ini sudah memfasilitasi dan sudah turun kebeberapa desa melakukan perekaman e-KTP kepada Masyarakat.

"Kita sudah memberikan mobil kepada Disdukcapil, guna untuk turun kedesa-desa, dan kita juga sudah turun kebeberapa desa, namun itu belum cukup, maka dari itu butuh peran kita semua,"ungkapnya.

Wabup juga menghimbau, agar masyarakat untuk segera mengurus admistrasi data kepedudukan.

"Kita menghimbau kepada masyarakat agar segera untuk mengurus admisnistrasi data kependudukan, karna hal itu sangat penting, apapun urusan negara ini butuh data kependudukan, dan dalam pemilu yang tidak lama 2019, salah satu syarat untuk memiliki hak pilih mempunyai KTP Elektronik,"harapnya.

Acara sosialisasi tersebut, dihadiri oleh, Wakil Bupati Sarolangun, Kepala Kejari Sarolangun, beberapa Kepala OPD, Seluruh Camat, Dan seluruh Kepala Desa.

Penulis: lid
Editor: mil