PAW Empat Anggota DPRD Merangin Terkendala SK Gubernur

Senin, 08 Oktober 2018 - 20:15:33 | dibaca: 163 kali


Zaidan Ismail
Zaidan Ismail / romadhan-me

BANGKO, meranginekspres.com- Terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) empat anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Merangin, hingga saat ini masih belum bisa dilaksanakan. Pasalnya pihak DPRD Merangin belum menerima Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Jambi mengenai PAW anggota DPRD Merangin.

Ketua DPRD Merangin Zaidan Ismail, saat ditemui usai melaksanakan rapat internal di DPRD, Senin (8/10) siang membenarkan akan hal ini. Ia mengatakan, sejatinya pemberitahuan resmi dari Gubernur menjadi dasar untuk melaksanakan PAW.

‘’Masih dalam proses. Usulan kita (Surat PAW_red) untuk dua anggota DPRD Merangin telah kita kirim ke Gubernur Jambi, dan telah sampai. Kita masih menunggu proses itu,” ungkapnya.

Kedua nama anggota DPRD tersebut lanjut Zaidan, adalah Fauzi Yusuf yang diketahui pindah dari partai Nasional Demokrat (Nasdem) ke Partai Demokrat, dan Almarhum Lukman Aima, politisi Partai Golkar yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Sementara, dua nama anggota DPRD lainnya, hari ini  Senin (8/10), prosesnya kemungkinan baru sampai di meja Bupati Merangin. Keterlambatan ini disinyalir karena persoalan di internal partai, untuk menemukan titik kesepakatan sehingga menjadi pertimbangan yang cukup memakan waktu.

‘’Mereka adalah Zamzami, yang berpindah dari Partai Hanura ke Partai Gerindra, dan atas nama Saparudin, yang  berpindah dari Partai Bulan Bintang ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP),” lanjut Zaidan.

Setelah diterima Bupati, barulah diteruskan ke Gubernur Jambi untuk proses selanjutnya yakni mengeluarkan SK PAW anggota Dewan.

‘’Kita (DPRD Merangin, red) hanya menjalankan tupoksi kita, dalam artian mekanismenya dari partai mengajukan ke kita, kita teruskan ke KPU, nah KPU yang memperivikasi semuanya siapa yang berhak dan memenuhi syarat untuk menggantikan PAW nya, barulah KPU menurunkan ke kita, di sini kita mengajukan ke Gubernur melalui Bupati. Kita hanya meneruskan saja,” jelas Zaidan.

Diketahui, setelah menerima surat pemberitahuan resmi dari Gubernur Jambi, DPRD Merangin bakal membahasnya di Badan Musyawarah (Banmus). Setelah dibahas di Banmus barulah dilaksanakan rapat paripurna pelantikan.

Penulis: dhan
Editor: zhf