Seleksi Anggota KPU Resmi Dibuka

Senin, 17 September 2018 - 20:30:04 | dibaca: 296 kali


Ilustrasi
Ilustrasi / ist

BANGKO, meranginekspres.com- Pendaftaran Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi, yang terdiri dari KPU Kabupaten Merangin, Kabupaten Kerinci, Kota Jambi dan Kota Sungai Penuh resmi dibuka.

Dibukanya penjaringan calon anggota KPU Tahap VI tersebut ditandai dengan dikeluarkannya Pengumumam Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota dalam provinsi Jambi periode 2018-2023, melalui pengumuman Nomor : 03/PP.06-PU/15/TIMSEL KPU KAB-KOTA/IX/2018.

Berdsarkan pengumuman tersebut, waktu pendaftaran dimulai pada tanggal 19 s/d 27 September 2018 pada pukul 08.00 s/d 16.00 WIB setiap hari kerja.

Kasubbag Umum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin, Aswal Yura membenarkan perihal dibukanya pendaftaran tersebut. Pengumuman mengenai dibukanya tahap seleksi ini, juga di umumkan di media massa selama tiga hari kedepan.

‘’Ya kita sudah dapat pemberitahuan dari tim seleksi

calon anggota kpu kabupaten/kota dalam provinsi jambi

Periode 2018-2023, bahwa pendaftaran dibuka mulai tanggal 19 sampai 27 Desember, pengumuman juga disampaikan melalui media massa selam tiga hari kedepan,” ujarnya.

Masih berdasarkan pengumuman timsel tersebut, calon pendaftar harus memnuhi persyaratan sesuai yang diatur dalam Pasal 5 Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2018.

Diantaranya mengenai dokumen yang wajib disampaikan sebagai persyaratan pendaftaran, mengikuti Pasal 19 Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2018, antara lain Surat Pendaftaran Ditandatangani di Atas Materai enam ribu, fotokopi Kartu Tanda Penduduk elektonik atau surat keterangan yang diterbitkan oleh dinas kependudukan dan catatan sipil, pas foto berwarna terbaru 6 (enam) bulan terakhir ukuran 4 x 6 cm (empat kali enam sentimeter) sebanyak 6 (enam) lembar, daftar riwayat hidup (disertai fotokopi bukti dokumen), fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang disahkan/dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, makalah terstruktur yang menguraikan pengetahuan dan/atau keahlian berkaitan dengan penyelenggara Pemilu, kompetensi dan integritas.

Selain itu para pendaftar juga wajib menyampaikan sejumlah surat pernyataan, diantaranya yang menyatakan setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Selanjutnya surat pernyataan bebas dari penyalahgunaan narkotika, tidak pernah menjadi anggota partai politik dalam jangka waktu paling singkat 5 (lima) tahun pada saat mendaftar sebagai calon, Bersedia bekerja sepenuh waktu dan tidak bekerja pada profesi lainnya selama masa keanggotaan, Bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan, Bersedia mengundurkan diri dari kepengurusan organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum apabila terpilih menjadi anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota

Surat pernyatan bersedia mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah, tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu, belum pernah menjabat selama 2 (dua) kali periode di jabatan yang sama, semua pernyataan tersebut ditandatangani diatas materai 6000.

Untuk persyaratan lengkapnya, dapat dilihat pada halaman 2 (dua) Surat Kabar Harian Merangin Ekspres Edisi Selasa, Rabu & Kamis (18-20 September 2018).

Penulis: zhf
Editor: zhf