Masnah: Tinggalkan Kebiasaan Lama Soal MCK, Kami Akan Beri Edukasi

Rabu, 05 September 2018 - 01:31:58 | dibaca: 44 kali


Masnah Busro, Bupati Muarojambi
Masnah Busro, Bupati Muarojambi / ist

MUAROJAMBI, meranginekspres.com-Masnah Busro, Bupati wanita pertama di provinsi Jambi, merasa terpanggil untuk merubah perilaku sebagian masyarakat Kabupaten Muaro Jambi, terkait keperluan Mandi Cuci Kakus (MCK) di tepian sungai.

Kesriusan Masnah terhadap kebiasaan perilaku yang disebutnya sebagai gaya lama ini tidak main-main, ia bahkan akan melakukan edukasi, bekerjasama dengan perangkat desa, guna perlahan mengubah kebiasaan tersebut.

Diakui Masnah, saat ini memang masih banyak masyarakat di kabupaten Muarojambi, terutama yang bermukim di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari, masih melakukan kebiasaan lama yakni menggunakan Jamban, atau MCK dipinggir sungai.

"Saya lihat masih banyak masyarakat menggunakan Jamban, itu sudah kebiasaan masyarakat. Namun ini harua dirubah, sebab dari sisi keaehatan, ini sangat tidak baik," tutur Masnah.

Tidak hanya sekedar berwacana, Bupati wanita pertama di provinsi jambi ini ternyata telah menyiapkan solusi terkait persoalan ini.

Ia berencana akan bersinergi dengan perangkat desa dan juga pihak Dinas Kesehatan Muarojambi, untuk melakukan edukasi, guna merubah kebiasaan ini.

"Kita bekerja sama dengan Pak Kades dan Dinas Kesehatan. Itu harus kita sosialisasikan bagaimana agar pola kebiasaan ini tidak lagi dilakukan,” kata Masnah.

Tidak hanya itu, guna mendukung edukasi tersebut, ia mengatakan bahwa saat ini pemerintah juga telah membangun beberapa fasilitas WC umum di sejumlah desa, yang dapat digunakan oleh warga.(adv)

Penulis: zhf
Editor: zhf