Masuki Proses PAW, Peraih Suara Ketiga Gantikan Fauzi Yusuf ?

Rabu, 15 Agustus 2018 - 21:31:19 | dibaca: 163 kali


Fauzi Yusuf, Wakil Ketua DPRD Merangin dari NasDem, yang memilih hijrah ke Partai Demokrat
Fauzi Yusuf, Wakil Ketua DPRD Merangin dari NasDem, yang memilih hijrah ke Partai Demokrat / ist

BANGKO, meranginekspres.com- Setelah surat pengunduran diri Fauzi Yusuf dari keanggotaannya di Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Ketua DPD Nasdem Kabupaten Merangin Badri Husin mengatakan, partainya langsung memproses surat pengunduran diri tersebut.

Keanggotaan Fauzi Yusuf di Partai Nasdem sudah resmi dikeluarkan itu seiring dengan keluarnya surat keputusan dari DPP Partai Nasdem.

Menurut Badri Husin, DPP Nasdem sudah secara resmi mengeluarkan surat pemberhentian Fauzi Yusuf dari keanggotaannya di partai politik.

''Suratnya (dari DPP Nasdem) sudah keluar sejak dua minggu yang lalu,” kata Badri.

Setelah surat pemberhentian tersebut keluar, Badri mengatakan, pihaknya langsung mengajukan Pergantian Antar Waktu (PAW) Fauzi Yusuf di DPRD Kabupaten Merangin. Sebagaimana diketahui, Fauzi Yusuf sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Merangin.

Surat pengajuan PAW tersebut telah dilayangkan partai Nasdem beberapa hari yang lalu. Saat ini pihak Nasdem tengah menunggu proses PAW.

''Surat pengajuan PAW sudah kita masukkan ke DPRD Merangin. Selanjutnya kita tinggal menunggu prosesnya saja,’’ucap Badri.

Proses PAW ini sendiri menurut Badri sedikit memakan waktu yang cukup lama. Secara mekanisme, surat PAW yang masuk tersebut akan dibahas di DPRD, setelah itu pihak Dewan akan melayangkan surat ke KPU Merangin terkait siapa pengganti Fauzi Yusuf.

''Setelah prosesnya dilalui, baru nanti keluar surat keputusan dari Gubernur terkait pemberhentian dan pelantikkan antar waktu anggota dewan,” ucap Badri.

Ditanya siapa yang bakal menggantikan Fauzi Yusuf ? Fauzi mengatakan, Edi Suratno. Namun, semuanya itu diserahkan kembali kepada KPU Merangin. Sebab, verifikasi nama pengganti Fauzi Yusuf tersebut ada pada KPU Merangin.

''Mekanisme penggantinya itu ada di KPU, kita lihat saja nanti hasil verifikasi dari KPU Merangin siapa yang menjadi pengganti Fauzi Yusuf,’’ujarnya.

Dalam Pileg 2009 lalu, Fauzi Yusuf yang maju sebagai calon legislative dari Partai Nasdem dari Dapil II berhasil memperoleh suara terbanyak pertama. Sementara suara terbanyak kedua ditempati Rohidin dan Edi Suratno menempati posisi ketiga perolehan suara terbanyak.

Munculnya nama Edi Suratno kata Badri, lantaran pihak Partai Nasdem Merangin, menerima surat pengunduran diri dari Rohidin dari keanggotannya di Partai Nasdem. Dengan adanya surat pengunduran diri ini, maka yang menempati posisi ketiga perolehan suara terbanyak di Dapil II yang akan diusulkan untuk menjadi pengganti Fauzi Yusuf.

''Yang diusulkan untuk menggantikan Fauzi itu Edi Suratno, itu sendiri kita (Nasdem) menerima surat pengunduran diri dari Rohidin, tapi kesemuanya itu kita kembalikan lagi ke KPU untuk memverifikasikannya,’’jelas Badri.

Disinggung mengenai posisi Wakil Ketua DPRD yang ditinggalkan Fauzi Yusuf, Badri enggan untuk membahasnya.

''Kalau masalah posisi wakil ketua, kita belum bicarakan itu, saat ini kita tengah mengurus proses PAW nya dulu,’’kata Badri.

Penulis: mil
Editor: mil