Woww.. Ternyata Banyak Parpol tak Penuhi Quota Caleg

Rabu, 18 Juli 2018 - 14:16:25 | dibaca: 587 kali


Salah satu parpol saat mendaftarkan bacalegnya di kanto KPU kabupaten Merangin
Salah satu parpol saat mendaftarkan bacalegnya di kanto KPU kabupaten Merangin / ist

BANGKO, meranginekspres.com- Masa pendaftaran Legislatif telah berakhir pada Selasa (17/7) hingga pukul 24.00 WIB. Semua Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 sudah mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) nya.

Namun ada beberapa Parpol yang tidak mendaftarkan Bacalegnya sesuai jumlah quot kursi DPRD kabupaten Merangin. Yang mana jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Merangin sebanyak 35 kursi. Terdiri dari, Daerah Pemilihan (Dapil) Merangin 1 sebanyak 11 kursi, Dapil Merangin 2 sebanyak 11 kursi, Dapil Merangin 3 sebanyak 8 kursi dan Dapil Merangin 4 sebanyak 5 kursi.

Informasi yang didapat, Parpol yang tidak mendaftar sesuai jumlah kursi per Dapil tersebut, diantaranya yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang kekurangan satu Bacaleg di Dapil 3.

Selanjutnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang kekurangan Dua Bacaleg di Dapil 2. Lalu Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang kekurangan masing-masing di Dapil 1 sebanyak dua Bacaleg, Dapil 2 sebanyak tiga Bacaleg dan Dapil 3 sebanyak tiga Bacaleg.

Partai Garuda juga mengalami kekurangan, yakni di Dapil 1 sebanyak lima Bacaleg, Dapur 2 sebanyak Delapan Bacaleg, Dapil 3 sebanyak enam Bacaleg dan Dapil 4 sebanyak empat Bacaleg.

Selanjutnya, PKPI yang kekurangan Bacaleg di Dapil 1 sebanyak empat Bacaleg, Dapil 2 sebanyak tiga Bacaleg, Dapil 3 sebanyak delapan Bacaleg dan Dapil 4 sebanyak lima Bacaleg.

Lalu PKS juga kekurangan Bacaleg di Dapil 1 sebanyak satu Bacaleg dan Dapil 1 sebanyak satu Bacaleg. Terakhir Partai Hanura yang kekurangan Bacaleg di Dapil 2 sebanyak dua Bacaleg dan Dapil 3 sebanyak satu Bacaleg.

Ketua KPU kabupaten Merangin Iron Sahroni mengatakan, semua Parpol mendaftarkan Bacalegnya tepat pada hari terakhir pendaftaran Bacaleg, yang mana semua parpol sudah mendafar sebelum waktu pendaftaran berakhir.

"Alahmadulillah semua Parpol sudah mendaftar tepat sebelum berakhir waktu pendaftaran, yakni berakhir sekitar pukul 23.30 WIB," ujar Iron.

Dilanjutkannya, KPU selanjutnya akan melakukan perivikasi semua berkas Bacaleg tersebut, yakni memperivikasi Sayarat pencalonan dan syarat Calon.

"Syarat pencalonan yaitu dalam model B, B1, B2 dan B3 dan semua parpol lengkap. Selanjutnya syarat Calon yaitu syarat yang melekat pada calon, seperti KTP, Ijazah, Hasil Tes kesehatan dan lainnya. Kita masih melakukan perivikasi, belum bisa kita sampaikan sekarang hasilnya," katanya.

Dikatakannya, ada beberapa Parpol yang tidak seratus persen mendaftarkan Bacalegnya, namun ada Parpol yang mendaftar seratus persen Bacalegnya.

"Contohnya di Dapil itu jumlah kursinya 11, ada parpol hanya mendaftarkan Bacalegnya sebanyak 9 atau 8, intinya kurang dari jumlah kursi di Dapil itu. Kalau untuk jumlah Parpol yang mendaftar, sebanyak 16 Parpol atau semua Parpol telah mendaftar," pungkasnya.

Penulis: sup
Editor: zhf