Satu Anggota Komplotan Begal di Nilo Dingin, di ‘Dor’ Aparat

Jumat, 06 Juli 2018 - 13:10:30 | dibaca: 323 kali


Pelaku begal yang berhasil dilumpuhkan aparat kepolisian
Pelaku begal yang berhasil dilumpuhkan aparat kepolisian / ist

BANGKO, meranginekspres.com- Kerja tim gabungan Polres Merangin membuahkan hasil. Satu diantara, komplotan begal yang beberapa hari terakhir beraksi di wilayah Desa Nilo Dingin Kecamatan Lembah Masurai berhasil dibekuk. Dari informasi yang berkembang, satu pelaku yang berhasil diringkus atas nama Jaiz yang merupakan warga Desa Nilo Dingin.

Kabar ini menjadi viral dimedia sosial, Jumat (6/7) pagi. Akun facebook Fik Hektor mengunggah foto seorang pria muda terbaring di meja perawatan. Kain kasa warna putih membalut lutut kanan pria bercelana hitam dan berbaju kaos merah maroon yang membelakangi kamera.

‘’Begal yg meresahkan warga kito lah ketangkap malam tadi, Nak kito bikin apo orang ni,” tulis Fik Hektor pada caption.

Postingan Fik Hektor pun langsung di-like oleh nyaris seribu akun facebook lainnya. Ratusan komentar bertautan di bawah postingan tersebut. Nyaris semuanya menyatakan gembira atas dibekuknya pelaku. Tidak sedikit pula yang mengutuk pelaku dan menyerukan hukuman keras.

‘’Buat jero lah,,, msak yo lembah masurai dak aman lgi,” tulis akun Syahrudin Dinn.

Akun Al Padli menulis: “terima ksh pd pihak polres merangin yg telah mengambil langkah cepat utk menuntas kan dan membasmi kejahatan di daerah masurai dan sekitar nya.,”.

Akun Wan Cepo Ayahnya Zikra menulis “siapo pun pelaku nyo d kasih hukuman seberat2 nyo…biak jero…masyarakat la resah nn dek ulah nyo…basmi ke akar2 nyo…,”.

Lalu Farhat Assubhi juga memberi apresiasi polisi dengan menulis “Kita acungkan jempol tuk bapak2 dr kepolisian yg bergerak cepat mennagkap para begal,”.

Akun Muchlisin Madras juga menulis: “Baru kemarin Pak kapolres bilang sdh kirim tim gabungan ke masurai, dalma hitungan jam sdh tertangkap. Ini sangat kren,” tulisnya.

Baca juga: Polisi Selidiki Kasus Begal di Nilo Dingin

Kapolres Merangin, AKBP I Kade Utama, melalui Kabag Ops, Kompol Wirmanto Dinata yang dikonfirmasi awak media membenarkan penangkapan satu orang komplotan begal yang beraksi di wilayah Lembah masurai belakangan ini.

“Ya, benar ditangkap tadi malam. Kita mendapatkan laporannya dari Kapolsek setempat,” Jelas Wirmanto, Jumat (6/7).

Pelaku juga dihadiahi timah Panas oleh aparat kepolisian di kaki kanannya, karena mencoba melarikan diri saat akan dilakukan penangkapan.

Saat ini lanjut Wirmanto, tengah dilakukan pengembangan kasus guna mencari pelaku lainnya. Karena dari informasi yang didalam, komplotan begal ini berjumlah sekitar empat orang.

‘’Pelaku ada empat orang. Kita masih lakukan penyelidikan, upaya mencari keberadaan tiga pelaku lainnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, kejadian kriminal secara beruntun mengguncang kawasan Nilo Dingin dan sekitarnya. Beberapa hari lalu gudang kopi milik seorang pengepul dibobol maling. Ratusan kilogram biji kopi kering dibawa kabur pelaku.

Kemudian ada mobil yang melintas di jalan Bangko-Jangkat dihadang orang tak dikenal. Kaca depan mobil dipecahkan oleh pelaku. Beruntung sopir berhasil memacu kendaraannya.

Kemudian terjadi lagi perampok terhadap Apri, sopir mobil truk. Warga Desa Koto Renah Kecamatan Jangkat dirampok sebelum masuk Desa Nilo Dingin. Ia menderita luka bacok di bahu kiri dan jutaan rupiah uang tunai dibawa lari pelaku, semalam berselang seorang ibu rumah tangga menjadi korban pembacokan OTK dipondok kebunnya.

Penulis: sup
Editor: zhf