Besok KPU Mulai Terima Pengajuan Bacaleg

Selasa, 03 Juli 2018 - 19:44:21 | dibaca: 55 kali


Ketua KPU Kabupaten Merangin, Iron Syahroni
Ketua KPU Kabupaten Merangin, Iron Syahroni / sup

BANGKO, meranginekspres.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Merangin resmi menerima pengajuan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Merangin, yang dimulai Rabu (4/7) hari ini.

Dalam mempermudah Bacaleg mengurus syaratnya, KPU sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, sperti dalam hal pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), KPU sudah berkoordinasi dengan pihak Polres Merangin.

Selanjutnya, untuk pengurusan surat bebas pidana, pihak KPU telah berkoordinasi dengan pengadilan negeri.

Dan terakhir, yakni tes kesehatan, KPU sudah berkoordinasi dengan rumah sakit daerah kolonel Abundjani Bangko.

Khusus untuk rumah sakit ini, memang sebelumnya ada tiga rumah sakit yang memenuhi syarat, akan tetapi menyusul keluarnya SE 633 tahun 2018, maka diperbolehkan tes kesehatan dilakukan dirumah sakit yang direkomendasikan pemerintah.

‘’Sepanjang rumah sakit itu bisa mengeluarkan surat kesehatan tersebut, maka tidak masalah dilakukan dirumah sakit yang telah rekomendasi pemerintah. Dan kita juga telah berkoordinasi dengan Direktur RSD Kolonel Abundjani Bangko dan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Merangin,” ungkap Ketua KPU Merangin, Iron Sahroni, Selasa (3/7) kemarin.

Ditambahkannya, pada 4 Juli ini, rumah sakit sudah akan membuka untuk melakukan tes kesehatan bagi bacaleg Merangin.

Iron juga mengatakan, bagi mantan narapidana Kejahatan seksual terhadap anak, bandar narkoba, kasus korupsi. Tiga mantan Narapidana tersebut tidak bisa menjadi Bacaleg pada pemilu 2019.

‘’Hukumnya sudah inkrah, jika sudah diputuskan oleh pengadilan, maka tiga mantan narapidana tersebut tidak bisa ikut berkompetisi pada pemilu 2019 nanti,” pungkasnya.

Penulis: sup
Editor: zhf