Tingkat Partisipasi Pemilih di Merangin Mengalami Penurunan

Senin, 02 Juli 2018 - 03:21:46 | dibaca: 204 kali


Tampak suasana di salah satu TPS pada saat ppemungutan suara Pilkada Merangin
Tampak suasana di salah satu TPS pada saat ppemungutan suara Pilkada Merangin / sup

BANGKO, meranginekspres.com- Partisapasi pemilih melalui sistem hitung Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Merangin, yakni sebanyak 77.36 persen. Jumlah tersebut Menurun dari partisipasi pilkada bupati 2013 lalu.

Yang mana penurunan partisipasi pemilih tersebut, jumlah penurunannya sekitar 2 persen.

Namun jika dibanding dengan partisipasi pemilih pada pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2015 lalu, terjadi peningkatan pemilih, yakni 67,75 persen atau meningkat sekitar 12 persen.

Komisioner KPU Merangin, Janiko mengatakan, penurunan angka partisipasi pemilih tersebut dikarenakan, pemilih dalam masa libur hari raya idul Fitri 1439 H.

‘’Pilkada kita kan dilakukan setelan Lebaran, sehingga masih banyak pemilih masih dalam kondisi libur, dan berada dikampung halaman. Hal ini terbukti dengan banyaknya C 6 (surat pemberitahuan memilih) yang tidak tersalurkan, karena pemilihan tidak ditemukan,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Bupati Merangin, Al Haris terkait menurunnya partisipasi pemilih tersebut, beberapa faktor yang mengakibatkan turunnya partisipasi pemilih tersebut. Salah satunya, yakni karena pemilihan dilakukan pada saat masih dalam suasana libur hari raya idul Fitri 1439 H.

Penulis: sup
Editor: zhf