Keturunan Kerinci Jadi Menteri di Malaysia ?

Rabu, 30 Mei 2018 - 13:13:37 | dibaca: 255 kali


Rina Harun, keturunan kerinci yang dilantik menjadi meteri Pembangunan Luar Bandar Malaysia
Rina Harun, keturunan kerinci yang dilantik menjadi meteri Pembangunan Luar Bandar Malaysia / ist

 

KERINCI, meranginekspres.com- Sebanyak 13 menteri di Kabinet pemerintahan Malaysia, dilantik oleh Perdana Menteri Mahathir Mohammad, Senin (21/05) lalu, di hadapan Raja Yang Dipertuan Agong Sultan Muhammad V di Istana Negara.

Salah seorang diantara menteri yang dilantik, disebut merupakan keturunan Indonesia. Dia adalah Rina Harun, yang dilantik sebagai Menteri Pembangunan Luar Bandar Malaysia.

Rina Harun adalah anak dari Muhammad Harun yang merupakan keturunan Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Akmal, Ketua Organisasi Kerinci Bersatu di Malaysia saat dikonfirmasi membenarkan bahwa Rina Harun adalah keturunan Kerinci.

‘’Tidak banyak yang tahu. Cuma yang pasti keturunan Kerinci wilayah Lempur, adik sepupu dari Sudirman,” ujar Akmal, Selasa (22/05).

Sementara itu, Pengurus lembaga adat lekuk 50 Tumbi Lempur, Daswarsah juga mengatakan hal yang sama, bahwa Rina merupakan keturunan Kerinci.

Menurutnya, kakek Rina Harun adalah orang Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Bahkan Daswarsah mengatakan jika Rina Harun pernah pulang ke Lempur bersama dengan kakek dan kakaknya, Adman.

‘’Iya benar, dia keturunan Lempur. Rina Harun ini datang ke Lempur ikut kakek dan kakak nya yang bernama Man (Adman_red). Kakaknya itu teman sepermainan saya dahulu, dia tinggal sebelahan dengan rumah saya,” sebut Daswarsah.

Bahkan, lanjutnya, Rina juga pernah menimba ilmu di Sekolah Dasar (SD) di Lempur pada tahun 1974.

‘’Dia sekolah di Lempur cuma sebentar, karena dia ikut keluarganya ke Malaysia. Sampai sekarang tidak pernah pulang lagi ke Lempur,” terangnya.

Warga Kerinci yang berada di Malaysia juga merasa bangga dan mengucapkan selamat kepada Rina. Salah satunya adalah Hasiah. Dia mengatakan sangat bangga adanya orang kerinci yang menjadi Menteri di Malaysia.

‘’Sungguh saya bangga sekali ade orang kerinci jadi Menteri Pembangunan Luar Bandar. Semoga lancar menjalan tugas dan amanah. Amin,” ujar Hasiah.

Penulis: jni
Editor: zhf