Pencari Kerja di Muaro Jambi Sepi

Rabu, 30 Mei 2018 - 12:10:01 | dibaca: 50 kali


Ruang loby Kantor Disnakertrans Muaro Jambi yang sepi dari para pencari kerja
Ruang loby Kantor Disnakertrans Muaro Jambi yang sepi dari para pencari kerja / eno

SENGETI, meranginekspres.com- Angka pencari kerja di Kabupaten Muarojambi, mengalami penurunan setiap tahunnya, hal ini di lihat dari sepinya masyarakat yang mencari kerja. Seperti pantauan di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Muaro Jambi.

Menurut Kabid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja, Syafrizal saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, bahwa hal tersebut diketahui dari tidak adanya masyarakat yang ingin membuat kartu AK 1, yang merupakan salah satu syarat untuk masuk kerja.

‘’Memang adanya penurunan angka pencari kerja yang ada di Kabupaten Muaro Jambi yang di tahun 2016 kemarin memasuki angka 1.329 orang per tahunnya, sedangkan ditahun 2017 hanya 1.156 org yang mencari kerja ke Disnakertrans,” ujarnya.

Syafrizal juga melanjutkan, bahwa Disnaker sendiri telah mengajak kepada seluruh perusahaan yang ada di Muarojambi, agar dapat memberikan informasi lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan tersebut, ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Muarojambi.

‘’Ini agar pemerintah pun dapat ikut membantu menginformasikan pengumuman lowongan pekerjaan kepada seluruh masyarakat yang memang membutuhkan sesuai dengan syarat yang berlaku, dan untuk Disnaker sendiri, syarat yang di haruskan adalah pelamar kerja memiliki KTP dan berumur di atas 15 tahun maka akan di berikan kartu AK 1,” ucapnya.

Dia melanjutkan, apabila pelamar belum mendapatkan pekerjaan selama enam bulan, maka kartu AK 1 harus di registrasi ulang, namun jika pelamar kerja sudah mendapatkan pekerjaan maka di wajibkan melaporkan ke Disnaker.

‘’Namun  kebanyakan para pelamar kerja maupun perusahaan yang menerima karyawan, yang melampirkan kartu AK 1 waktu melamar pekerjaan, tidak pernah melapor kembali ke Disnaker sehingga data pencari Kerja yang kita miliki selalu tinggi angkanya,” pungkasnya.

Penulis: eno
Editor: zhf