KPU Temukan Ribuan Surat Suara Rusak

Rabu, 30 Mei 2018 - 10:50:53 | dibaca: 183 kali


Tampak Proses pelipatan surat suara untuk Pilkada Merangin 2018 di KPU Merangin kemarin
Tampak Proses pelipatan surat suara untuk Pilkada Merangin 2018 di KPU Merangin kemarin / sup

BANGKO, meranginekspres.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin mendapati sebanyak 3.846 lembar surat suara yang kondisinya rusak. Maka pihak KPU sudah melakukan upaya penggantian, yakni dengan mengirim berita acara kepada perusahaan pencetak surat suara untuk pergantian surat suara itu.

Komisioner KPU Merangin, Adam Kurniawan mengatakan pihaknya telah meminta rekanan dan perusahaan untuk mencetak ulang surat suara sesuai dengan jumlah kertas surat suara yang rusak, pihaknya juga berharap ada percepatan agar tidak menjadi kendala dikemudian hari.

‘’Kita sudah pesan agar mereka menganti kertas surat suara yang rusak, kabarnya mereka sudah mencetak sesuai dengan jumlah kertas surat suara yang rusak tersebut. Kita berharap selesai langsung sampai kemerangin agar cepat di sortir dan dilipat,” ungkapnya, selasa (29/5).

Dikatakan Adam, saat ini proses pelipatan surat suara sudah masuk hari ke enam, KPU Merangin menargetkan hari ke sepuluh pelipatan kertas surat suara selesai dilaksananakan.

‘’Hari kelima pelipatan kertas surat suara sudah 50 persen dilaksanakan, target kita hari kesepuluh semua selesai dilipat. tinggal menunggu apakah kertas surat suara yang dicetak ulang itu saja,” jelasnya.

Saat ditanya, apa yang akan dilakukan pihaknya terhadap surat suara yang rusak tersebut. Dikatakan Adam, pihaknya bersama dengan Panwaslu kabupaten Merangin dan pihak lainya sepakat memusnahkan surat suara yang rusak tersebut.

‘’Dari surtiran yang dilakukan jumlah kertas surat suara yang rusak itu jumlahnya 3.846, nantinya kertasnya akan kita musnahkan sesuai dengan berita acara yang telah kita sepakati bersama,” katanya.

‘’Dan untuk logistik lainnya, hingga saat ini belum kita temukan ada yang rusak,” tutupnya.

Untuk diketahui, KPU Merangin mencetak kertas surat suara sebanyak 252.291 lembar dari jumlah Daftar pemilih Tetap 245.722, kelebihan pencetakan dari jumlah DPT tersebut sesuai dengan PKPU yang mana pencetakan dilebih 2,5 persen dari jumlah DPT dan KPU juga mencetak surat suara untuk pemilihan ulang sebanyak 2.000 lembar.

Penulis: sup
Editor: zhf