Parah.. PAD di Tiga OPD Masih Nol

Senin, 21 Mei 2018 - 17:54:15 | dibaca: 367 kali


Ilustrasi
Ilustrasi / ist

BANGKO, meranginekspres.com- Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) mencatat hingga saat ini, terdapat tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Merangin, Pendapatan Asli Daerah (PAD) nya masih nol persen.

Ketiga OPD tersebut, yakni Dinas Lingkungan Hidup (LH), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PKP).

Menurut kepala BPPRD kabupaten Merangin, Amir yang dikonfirmasi harian ini, Senin (21/5) kemarin. Dua dari tuga tersebut hingga saat ini belum memiliki badan hukum sehingga PAD nya masih nol persen.

"Kenapa dua ini masih nol, karena aturan hukum untuk menarik PAD itu belum mendapat restu dari pemerintah. Artinya karena belum diundangkan, maka kami belum bisa digunakan menarik PAD," ungkapnya.

Sedangkan untuk dinas PKP mengapa masih nol persen PAD nya. Dikatakan Amir, dirinya tidak mengetahui pasti mengapa masih nol persen PAD di OPD tersebut.

"Yang kurang tau jelas maslahnya, kalau untuk dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan ini, PAD nya terkait retribusi APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Setiap kantor kan ada itu, retribusinya adalah pengecekan itu," katanya.

Secara umum, untuk PAD Merangin berdasarkan data yang ada padanya, terhitung Maret, PAD Merangin masih diangka 20,73 persen.

"Ini data terakhir yang kita punya, karena untuk PAD per April masih dilakukan Rekon. Kami sampaikan, ini terjadi karena ada kesalahan administrasi antara pihak opd dan Bank terjadi perbedaan," pungkasnya.

Penulis: sup
Editor: zhf