Inspektorat Masih Audit DD di Dua Desa

Rabu, 16 Mei 2018 - 19:19:26 | dibaca: 81 kali


Kantor Inspektorat Merangin
Kantor Inspektorat Merangin / ist

BANGKO, meranginekspres.com- Inspektorat kabupaten Merangin menyebutkan, pihaknya saat ini sedang melakukan audit dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) di Dua Desa di kabupaten Merangin.

Inspektur Inspektorat yang dikonfirmasi mengatakan, pada tahun 2018 ini pihaknya telah menerima limpahan kasus dugaan penyelewengan DD tersebut dari pihak kepolisian, yakni sebanyak delapan kasus.

Hingga saat ini proses audit yang sudah berjalan baru di dua Desa, yakni Desa Sungai Tabir dan Desa Pulau Terbakar kecamatan Tabir Barat.

Saat ditanya apakah audit dugaan penyelewengan DD didua Desa tersebut sudah bisa disimpulkan. Dikatakan Hatam, intinya proses audit masih berjalan, dan saat ini pihaknya masih dilapangan untuk mengumpulkan bukti-bukti.

"Belum bisa saya jawab, karena proses audit masih berjalan, auditor kami lagi dilapang masih menyusun, belum ada yang selesai, intinya saat ini tim kita sedang turun,” ungkapnya.

Dirinya mengaku, pihaknya mengalami kendala dalam proses audit yang mengharuskan pihaknya turun langsung ke lapangan, baik keterbatasan tenaga, waktu dan juga termasuk pinansial.

Kemudian ditanya, kapan pihaknya akan selesai melakukan audit tersebut. Dirinya tidak bisa memastikan kapan selesainya proses audit tersebut, tapi tergantung prosesnya nanti.

"Tidak bisa kalau diperkirakan, intinya asal sudah yang selesai prosesnya,” katanya.

Dilanjutkannya, jika proses audit tersebut selesai, pihaknya akan membuat laporan kepada Bupati, jika sudah diketahui Bupati dan ditanda tanganinya, maka pihaknya akan kembali melimpahkan ke pihak kepolisian.

"Kalau sudah kita serahkan, selanjutnya tersebar pihak polisi, apakah itu ada unsur pidanya. Karena sifat kami tidak menentukan pidana, kami hanya penindakan administrasi,” jelasnya.

Namun dirinya tidak mengatakan enam desa lainnya, yang pada 2018 ini juga dilimpahkan oleh kepolisian kepadanya, akan tetapi salah satunya termasuk dugaan penyelewengan DD Aur Berduri kecamatan Nalo Tantan.

Penulis: sup
Editor: zhf