Berulah Lagi, PT. LSP di Sarolangun Diduga Sengaja Buang Limbah ke Sungai 

Sabtu, 12 Mei 2018 - 12:07:24 | dibaca: 158 kali


Tampak anak sungai yang tercemar limbah pabrik
Tampak anak sungai yang tercemar limbah pabrik / eqg

SAROLANGUN, meranginekspres.com- PT. Lambang Sawit Perkasa (LSP) yang bergerak dibidang pabrik kelapa sawit di Kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun kembali membuat ulah.

Jika tahun lalu perusahaan tergolong lalai sehingga kolam limbah jebol dan mencemari sumber air sekitar. Namun berbeda dengan kejadian kali ini, perusahaan tersebut diduga sengaja membuang limbah di aliran anak sungai. 

Hal ini membuat warga sekitar merasa resah, sebab air sungai atau juga rawa tersebut kerap di manfaatkan warga untuk kebutuhan sehari hari.

"Iyo bang sudah hampir setiap hari Pabrik Itu beroprasi dengan limbah mengalir terus di Sungai itu, kelewatan nian," ujar Khiril warga Bangun jayo. 

Bukan hanya itu saja, Agus salah satu Warga Kukus kelurahan Limbur Tembesi juga mengatakan, bahwa hal itu sudah lama terjadi. 

"Ini kalau musim hujan bau limbahnya sangat menyengat sekali, apa lagi kalu hujan deras mungkin kesempatan Pihak PT untuk membuang limbah yang banyak, dan Ini sudah cukup lama terjadi," bebernya. 

Sebab kondisi itu, masyarakat meminta kepada pihak instansi terkait di jajaran pemkab Sarolangun, untuk segera bertindak atas permasalahan ini. 

"Iya kami minta kepada dinas terkait, dan kepada pihak yang berwajib untuk tuntaskan permasalahan ini, dan pemerintah jangan cuma diam saja," tambah Agus. 

Ketika Wartawan hendak konfirmasi kepada Pihak perusahan, salah satu pegawai perusahan mengatakan bahwa Atasnya tidak berada di tempat. 

"Maaf pak, bapak lagi tidak ada di tempat," kata salah satu pegawai PT LSP.

Penulis: eqg
Editor: zhf