Selain Dugaan Pungli, Mantan Warga Binaan Lapas Juga Ngaku Kerap Diminta Bayar Sewa Listrik

Kamis, 10 Mei 2018 - 18:57:19 | dibaca: 567 kali


Lapas kelas II B Bangko
Lapas kelas II B Bangko / ist

BANGKO, meranginekspres.com- Selain mengungkap adanya dugaan praktek pungli terkait ‘biaya’ pindah ruangan di Lapas Kelas II B Bangko. Mantan warga binaan Lapas Bangko yang dibincangi meranginekspres.com, juga mengaku bahwa ia dan para warga binaan lainnya juga dibebankan uang sewa PLN dan sewa air, oleh oknum petugas selama menjadi warga binaan.

Sumber yang berkali-kalil meminta identitasnya dirahasiakan itu, mengaku bahwa dirinya langsung juga ikut merasakan harus membayar sewa listrik dan air selama menjalani hukuman di Lapas kelas II B Bangko ini.

‘’Saya juga termasuk ‘korban’ bayar pindah kamar di LP Bangko it,” ungkapnya.

Baca juga:  Parah.. Bertahun-tahun Dugaan Pungli Disebut Dikenadlikan KPLP

Terkait soal biaya listrik dan air yang dibebankan kepada warga binaan, dia menyebutkan tidak sedikit warga binaan yang mempertanyakan hal itu, hanya saja mereka tidak berani untuk mempersoalkannya.

‘’Soal biaya lampu (Listrik_red) masa napi yang harus bayar, lalu kemana anggarannya. Bahkan masih banyak modus pungli lainnya disana, ada juga yang meminta uang kepada penghuni blok, alasannya untuk beli mesin air lah, pokok nya macam-macam modusnya,” beber sumber.

Baca juga:  Mantan Napi Ungkap Dugaan Pungli di Lapas Bangko

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) kelas 2B Bangko, Kodir, mengaku belum mandapatkan informasi terkait hal tersebut. Sejauh ini menurutnya pantauan kinerja petugas Lapas baik-baik saja.

‘’Saya belum mendapat informasi adanya hal seperti itu. Baik pungli maupun hal lainnya yang bersifat negatif,” ujar Kodir.

Akan tetapi kata Kodir, pihaknya akan segera bertindak cepat untuk menyelidik kebenaran kabar tersebut.

‘’Kalau ada informasi seperti ini, akan segera kita tindak lanjuti, kita juga tidak mau lagi kejadian yang dulu pernah terjadi terulang kembali. Kita selalu berupaya kedepan system di Lapas ini semakin baik,” tanggapnya.

Penulis: zhf
Editor: zhf