Berlangsung 135 Menit, Begini Model Debat Kandidat Cabup-Cawabup Merangin

Rabu, 09 Mei 2018 - 12:45:57 | dibaca: 876 kali


Aula gedung DPRD Merangin yang akan jadi lokasi Debat kandidat
Aula gedung DPRD Merangin yang akan jadi lokasi Debat kandidat / ist

BANGKO, meranginekspres.com- Debat Publik Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Merangin, yang akan digelar di Gedung DPRD Merangin, Sabtu (12/5) malam, akan disuguhkan dalam beberapa segment.

Setiap segmen Debat Kandidat, yang secara keseluruhan diperkirakan memakan waktu sekitar 135 menit itu, dibagi dengan waktu yang telah diatur oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin, selaku penyelenggara acara debat.

Komisioner KPU Kabupaten Merangin, Janiko mengatakan, acara debat ini akan dimulai dengan acara pembukaan atau Opening Ceremonial, bagian pembukaan ini berlangsung sekitar 30 menit dengan beberapa butir kegiatan, yakni Opening oleh pembawa acara, dilanjutkan menanyikan lagu Indonesia Raya, selanjutnya Sambutan KPU, pembacaan Do'a dilanjutkan dengan Iklan Sosialisasi serta pemanggilan Moderator.

"Bagian selanjutnya sudah mulai masuk ke segmen inti, yaitu Pemaparan Visi dan Misi. Dalam segmen ini, Moderator mengundang Paslon, kemudian Moderator memperkenalkan Panelis. Setelah itu Pemaparan Visi Misi oleh paslon, untuk pemaparan visi-misi ini, setiap paslon diberi slot waktu 2 menit. Kemudian pendukung Paslon, diberi waktu untuk tepuk tangan dan yel-yel selama satu menit," terang Janiko.

Baca juga:  Dipandu Presenter Nasional & Live di TVRI Jambi, Ini Jadwal Debat Kandidat di Merangin

Segmen selanjutnya yakni Penajaman Visi-Misi dan Pertanyaan Dari Panelis. Pada segmen ini pertanyaan yang akan dilempar oleh Panelis, sebelumnya akan diundi, selanjunya setiap Paslon berkesempatan menjawab pertanyaan Panelis dengan slot waktu masing-masing 3 menit untuk satu paslon.

"Segmen selanjutnya modelnya hampir sama dengan segmen Penajaman Visi dan Misi. Namun disini Panelis akan memberikan pertanyaan spesifik mengenai isu daerah. Setiap paslon juga mendapat slot waktu selama 3 menit untuk menjawab," tambah Janiko lagi.

Dua segmen selanjutnya merupakan segmen Debat. Pada sesi pertama masing-masing paslon berkesempatan melontarkan pertanyaan kepada dua paslon kompetitor, yang dilanjutkan dengan jawaban secara bergantian oleh dua paslon yang ditanya, demikian seterusnya. Untuk sesi ini, paslon yang bertanya punya skot waktu satu menit dan masing-masing tiga menit untuk memberi jawaban.

Pada sesi selanjutnya, masing-masing Paslon diberi waktu untuk memberi tanggapan, atas jawaban yang disampaikan kompetitor pada sesi Tanya Jawab sebelumnya, dalam memberi tanggapan ini, setiap paslon juga mendapat slot waktu Tiga menit.

"Setelah itu kita masuk ke segmen penutup. Setiap paslon diberi kesempatan menyampaikan Closing Statement selama 3 menit, dan diakhiri dengan kata penutup dari moderator. Setiap segmen dalam acara ini, selalu diikuti dengan sesi tepuk tangan dan yel-yel oleh pendukung Paslon, masing-masing satu menit," tutup Janiko.

Penulis: zhf
Editor: zhf