Stabilisasi Harga Pangan, Bulog Subdivre Sarko Gelar Pasar Murah

Rabu, 09 Mei 2018 - 09:22:17 | dibaca: 284 kali


Antisipasi harga pangan yang disiasati Bulog Sub Divre Sarko dengan menggelar pasar murah
Antisipasi harga pangan yang disiasati Bulog Sub Divre Sarko dengan menggelar pasar murah / sup

BANGKO, meranginekspres.com- Jelang puasa Ramadhan, harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional masih dalam kategori stabil. Pun begitu, Bulog Sub Divisi Regional (Sub Divre) Sarko tetap melakukan gerakan stabilisasi harga pangan.

Gerakan stabilisasi harga dilakukan didepan kantor Bulog Subdivre Sarko. Sejumlah kebutuhan pokok, seperti Beras, minyak goreng, gula dan daging dijual dengan harga murah.

Kepala Bulog Subdivre Sarko, Bambang Prihatmoko mengatakan, untuk harga daging dijual dengan harga Rp 80 ribu perkilo. Sementara minyak goreng Rp 12,5 ribu dan gula Rp 12,5 perkilo.

“Kita terus menggelar gerakan stabilisasi harga, meski harga sejumlah kebutuhan bahan pokok masih stabil. harga sama dengan di pasar. Ini kita lakukan untuk menstabilkan harga. Nanti jika harga dipasar meningkat kita tetap jual dengan harga sama," ungkapnya.

Dilanjutkannya, harga dipasaran akan naik jika persediaan kurang sehingga terjadi kelangkaan. Untuk itu pihaknya terus memantau stok bahan pokok di pasar dilapangan.

“Saat ini masih aman, kita jaga biar tidak terjadi kelangkaan,” ujarnya.

Dikatakannya, jika nanti terjadi kenaikan harga, bersama pemerintah daerah pihaknya akan menggelar Operasi Pasar (OP). Dimana operasi pasar dilakukan sesuai dengan permintaan pemerintah daerah.

“Intinya kita siap menggelar OP jika diminta. Dan itu telah kita bahas bersama pemerintah daerah,” katanya.

Dan untuk menstabilkan harga bahan pokok katanya lagi, pihaknya juga telah menambah stok beras. Dan stok beras tersebut diyakini cukup selama puasa hingga lebaran nanti.

“Saat ini stok kebutuhan pokok ditengah masyarakat masih aman-aman saja,” tutupnya.

Sebelumnya Kapala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kabupaten Merangin, Junaidi mengaku, menjamin ketersedian bahan pokok aman.

Katanya, mengenai bahan pokok seperti beras, minyak, gula Dan daging, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Bulog. Semua bahan pokok tersebut mereka siap menyediakan jika dibutuhkan.

Penulis: sup
Editor: zhf