Ribuan Banser Gelar Apel dan Istighosah di Kota Jambi 

Minggu, 06 Mei 2018 - 09:27:37 | dibaca: 117 kali


Personil Banser Ansor berbaris dalam acara Apel dan Istighosah di Kota Jambi, Sabtu (5/5)
Personil Banser Ansor berbaris dalam acara Apel dan Istighosah di Kota Jambi, Sabtu (5/5) / ist

JAMBI, meranginekspres.com- Pelataran Stadion KONI Kota Jambi dipadati ribuan orang pada Sabtu (5/5). Berseragam loreng lengkap, baik laki-laki maupun perempuan.

Mereka adalah Barisan Ansor Serbaguna (Banser) PW GP Ansor Provinsi Jambi, yang hadir sebagai perwakilan Banser dari kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

Dalam kegiatan ini, ribuan orang personil Banser tersebut melakukan apel kebangsaan dan istighosah akbar.

Berdiri sebagai inspektur upacara, Wakapolda Jambi Kombes Pol Ahmad Haydar. 

Dalam kesempatan itu, Wakapolda menyampaikan sejarah panjang berdirinya Banser dan Ansor hingga peran organisasi ini dalam perjalanan sejarah bangsa.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Provinsi Jambi, pemuda pemudi NU Jambi, hingga para Anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Jambi.

Ketua PW GP Ansor Provinsi Jambi, Juwanda dalam pidatonya menyampaikan, Banser Ansor akan selalu menjadi benteng terdepan untuk menjaga keutuhan NKRI, menjaga keberagaman bangsa, dan menegakkan Pancasila.

“Ansor dilahirkan pada 1934, usia kita (GP Ansor) sudah 84 tahun, sementara Indonesia lahir pada 1945, artinya kita sudah berjuang untuk Indonesia dari sebelum merdeka, bertaruh nyawa mengusir sekutu, kemudian menumpas PKI dan mengawal NKRI hingga kini,” kata Juanda dengan lantang.

Untuk itu, Banser Ansor menurutnya jangan pernah mundur satu langkah pun untuk melawan kelompok-kelompok yang ingin mengubah Pancasila dan merorong NKRI.

“Mereka hanya nge-kost di Indonesia. Mereka lahir kemarin sore, kemudian ingin mengubah Pancasila dan merongrong NKRI. Kita akan menjadi garda paling depan untuk melawan mereka,” teriak Juwanda disambut teriak dengan kata siap dan takbir dari ribuan Banser.

Hadir juga di sana Gubernur Jambi periode 2010-2015 Hasan Basri Agus (HBA), dalam kesempatan itu HBA mengaku kagum dengan kekuatan Banser yang ditunjukkan hari ini.

“Ini sangat luar biasa, kita hari ini melihat betapa besarnya Banser Ansor di Provinsi Jambi,” kata HBA.

Setelah apel kebangsaan, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan seni dari perwakilan Banser, kemudian dilanjutkan atraksi barongsai dari Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) Jambi, dan konvoi ribuan Banser dari lapangan KONI hingga ke Masjid Agung Al Fallah Kota Jambi.

Penulis: zhf
Editor: zhf