Pentingnya Arsip, OPD Ikuti Bimtek JRA

Kamis, 03 Mei 2018 - 15:55:08 | dibaca: 116 kali


Kegiatan Bimtek JRA, yang berlangsung di aula Hotel Suslinda Bangko, Kamis (3/5)
Kegiatan Bimtek JRA, yang berlangsung di aula Hotel Suslinda Bangko, Kamis (3/5) / sup

BANGKO, meranginekspres.com- Sebanyak 30 Pengelola Arsip di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintahan kabupaten Merangin mengikuti Bimbingan dan Teknis (Bimtek) Jadwal Retensi Arsip (JRA), Kamis (3/5).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) kabupaten Merangin, dilaksanakan di Aula Hotel Suslinda Pematang Kandis Bangko. dan Bimtek JRA tersebut dibuka langsung Sekretaris DKP, Sri Zainal Ningsih.

Dalam sambutannya, Sekdin DKP Merangin, Sri Zainal Ningsih mengatakan, pengarsipan sebuah dukumen sangat penting, maka setiap instansi pemerintah harus paham dalam pengelolaan arsip itu.

"Arsip itu sangat penting, tanpa arsip sebuah pembangunan tidak akan berjalan mulus, karena Arsip juga merupakan rancangan pembangunan," ujarnya.

Dilanjutkannya, mungkin sebelumnya ada orang yang tidak begitu menganggap penting sebuah arsip, karena hanya sebuah dukumen bekas, namun sebuah arsip sangat penting dan bisa dijadikan sebuah pedoman untuk kegiatan selanjutnya.

"Mungkin dari kita ada yang menganggap arsip itu tidak penting, yang menganggap Arsip dan dokumen adalah cerita masa lalu, namun lebih dari itu, Arsip sangat penting bagi negara," jelasnya.

Sehingga katanya, pihaknya berupaya untuk meningkatkan pengelolaan arsip disetiap OPD di Merangin, sehingga setiap OPD pencipta arsip, sudah mengelola arsipnya dengan baik.

"Sebelumnya kita melakukan kegiatan bimtek kearsipan, sekarang kita bimtek JRA. semoga kedepannya pengelolaan arsip kita baik, dengan membuat jadwal kearsipan," ungkapnya.

"Kita berharap kepada semua opd sudah bisa menyusun JRA, dengan mengikuti kegiatan bimtek, dan menyerap ilmu yang diberikan pameteri," tambahnya.

Sebagai pemateri Bimtek tersebut, yakni dari Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, Eka Sujiwa Prabawa / Arsiparis Ahli pratama.

Penulis: sup
Editor: zhf