Istri Dokter Peduli Hidup Sehat; Cek Kesehatan, Bagikan Sayuran Segar dan Jus Buah Gratis

Senin, 30 April 2018 - 19:06:09 | dibaca: 364 kali


Kegiatan peduli hidup sehat yang digelar oleh persatuan Istri Dokter di Merangin
Kegiatan peduli hidup sehat yang digelar oleh persatuan Istri Dokter di Merangin /

BANGKO, meranginekspres.com- Dalam rangka bulan bhakti istri dokter, Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Merangin melakukan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Minggu (29/4) pagi.

Ada berbagai kegiatan yang dilakukan IIDI, yakni senam cuci tangan, pemeriksa kesehatan (cek gula darah dan tekanan darah), dan membagikan sayuran dan jus buah kepada masyarakat secara gratis, serta membagikan brosur tentang kanker leher rahim dan pemeriksaan IVA.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di jalur dua komplek perkantoran Bupati Merangin, dan terlaksana atas kerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Merangin dalam rangka pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat.

Ketua Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Merangin, Dr Maya Sary mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap April, kegiatan itu juga dilakukan ditingkat nasional dan juga bertempat dengan hari kartini.

"Kita mengajak masyarakat berprilaku hidup bersih dan sehat melalui Germas, dan ini juga bentuk dukungan kita terhadap program pemerintah. Sesuai dengan tema kegiatan kita, 'tingkatkan ketahanan keluarga dengan perilaku hidup bersih dan sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),"ungkapnya.

Dikatakannya, dengan pembagian brosur tentang kanker leher rahim itu, ia juga berharap agar perempuan yang sudah menikah dapat tahu informasi tentang kanker leher rahim tersebut, dan melakukan pengecekan secara rutin.

"Setiap perempuan Merangin yang sudah menikah, diharapkan melakukan pemeriksaan IVA secara berkala, minimal tiga tahun sekali, Sehingga terdeteksi dini kanker leher rahim," pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini di Provinsi Jambi IIDI baru ada di kabupaten Merangin. IIDI adalah organisasi istri-istri dokter yang berazaskan perikemanusiaan.

Untuk di kabupaten Merangin sendiri, jumlah anggota IIDI sebanyak 30 orang, dengan latar belakang ada yang jug dari dokter maupun dari kalangan lainnya.

Acara tersebut dihadiri oleh kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Merangin, Solahuddin dan Sekretaris Dinkes, Abdaei.

Penulis: sup
Editor: zhf