Barlep: "Siapa Bilang Pendamping Desa tak Bermanfaat"

Kamis, 26 April 2018 - 15:56:25 | dibaca: 301 kali


Barlep
Barlep / ist-FB

BANGKO, meranginekspres.com- Salah satu Kades di Merangin juga ikut menanggapi tulisan legislator PPP, Elviana yang sempat viral dan menuai kecamatan, sebelum menghilang diduga telah dihaous.

Barlep, Kepala desa Pulau Rengas melalui tulisannya, menanggapi postingan Facebook Elviana. Barlep berpendapat jika peran pendamping desa dalam mendampingi desa selama ini sangat bermanfaat. Ia juga menyebutkan jika pendamping desa selalu jadi teman diskusi bagi kades.

‘’Siapa bilang, kades saja yang tidak mau mendengar kata pendamping. Saya sangat bermanfaat, kawan berdiskusi sangat enak dengan pendamping dari pada Camat atau DPMD. Alur dan logika pemikiran terkait dengan aturan sangat enak,” tulis Barlep.

Baca juga: Singgung Pendamping Desa, Popstingan Elviana Dikecam

Bahkan Barlep buka bukaan menyebutkan, jika oknum Kadeslah yang terkadang sering tidak menghiraukan saran dan masukan dari pendamping desa.

‘’Dari beberapa pandangan pendamping bahwa rata rata kades enggan menerima saran bimbingan dari pendamping, karena pendamping tidak punya kewenangan eksekusi maka dia tidak bisa berbuat apa-apa. Bahkan pesoalan BPD dan kades, yang banyak andil menyatukan adalah pendamping. Apalagi yang harus aku katakan Ibu (Elviana),” ujar Barlep.

Terkait dengan Penghasilan tetap (Siltap) Kades, Barlep yang juga mantan Ketua KPU Merangin ini mengatakan, memang Siltap Kades sangat tidak laiak jika dibanding pendapatan Pendamping Desa.

Ini kan tanggungjawab Pemda. Silahkan digaji yang alur lawan patut dan laiak makan sudu. Sesuai tugas dan tanggungjawab kades,” tambahnya.

Penulis: zhf
Editor: zhf