Singgung Pendamping Desa, Postingan Elviana Dikecam

Kamis, 26 April 2018 - 15:43:47 | dibaca: 233 kali


postingan anggota DPR RI, Elviana di akun Facebook yang sempat menuai kecaman, sebelum menghilang
postingan anggota DPR RI, Elviana di akun Facebook yang sempat menuai kecaman, sebelum menghilang / ist-ss FB

BANGKO, meranginekspres.com- Anggota DPR RI asal Jambi Elviana, menyinggung soal kinerja Pendamping Desa di Kabupaten Merangin, Jambi. Elviana terkesan menyudutkan Pendamping Desa secara sepihak.

Melalui akun Facebook pribadinya, Elviana membuat postingan yang lantas memancing reaksi banyak pihak, yang pasti hal itu juga membuat mayoritas Pendamping Desa di Kabupaten Merangin ini tersinggung.

'Mayoritas Kades di Kab Merangin mengatakan bahwa "petugas pendamping dana desa* tdk ada manfaatnya. Sementara gaji mereka lebih besar dari Kades yang tanggung jawab akuntabel dana desa ini ada di pundak mereka.

Bagaimana ya di kabupaten lain...????

        Demikian bunyi caption yang disertakan Elviana dalam Posting Photo bersama sejumlah kades asal Merangin, dengan latar belakang spanduk Workshop yang bertempat di aula kantor Bupati Merangin.

Postingan bertanggal 24 April 2018 itu, sontak ditanggapi serius sejumlah pendamping desa. Mereka menilai sebagai wakilnya rakyat Jambi di Senayan, cara Elviana sama sekali tidak laiak dan terkesan menyudutkan Pendamping Desa.

‘’Saya sangat menyayangkan tulisan Elviana di Facebook. Terkesan sangat menyalahkan Pendamping Desa. Seolah olah Pendamping Desa Merangin ini tidak bekerja,” ujar salah seorang pendamping desa yang tidak mau namanya disebutkan.

Ia katakan, tidak layak seorang anggota DPR RI memvonis, mendengar persoalan hanya secara sepihak.

‘’Seharusnya itu dengar juga dari kami (Pendamping, red), jangan sepihak itu tidak layak. Biar dia tau pendamping yang tidak bekerja atau oknum Kades yang nakal. Makanya kalau turun itu lansung ke masyarakat dan tanya lansung, bukan dengar dari Kades saja,” tambahnya.

Baca juga:  Tokoh Pemuda Nilai Elviana Sepihak

Komentar lainnya juga dilontarkan akun Emy Marlesi Mustiar yang diketahui salah seorang Pendamping Desa di Kabupaten Merangin. Emy mengungkapkan kekecewaanya terhadap tudingan yang dilontarkan anggota DPR RI asal Jambi tersebut.

Emy menyayangkan ungkapan Elviana yang mengatakan Pendamping Desa tidak bermanfaat. Sebagai Pendamping Desa, Emy katakan bahkan dirinya terkadang harus mementingkan terjun ke desa dan meninggalkan kepentingan pribadi.

‘’Sebagai pendamping desa yang purna waktu hampir tiap hari dilapangan, bahkan kami terkadang lebih mementingkan pendampingan dari pada urusan pribadi. Hp tidak berhenti berdering, standby tanpa ajudan,” ujar Emy.

‘’Kami tengah malam masih didesa, saya merasa SEDIH dan KECEWA dengan ungkapan Ibu, mohon di klarifikasi. Coba tunjukan oknum pendamping yang mana, kalau menyebut pendamping desa saja berarti menuduh semuanya,” tambah Emy.

Dilanjutkan Emy, Elviana hanya bisa menuding sebelah pihak, tanpa mengetahui bagaimana perjuangan pendamping desa di lapangan.

‘’Ketika di desa Pendamping dituntut serba tau, kendala dan permasalahan di desa dan termasuk Siskeudes. Apakah masih bisa dikatakan pendamping desa tidak bermanfaat ibu Elviana?,” tambahnya lagi.

Komentar pedas juga sempat terpantau dari warga Merangin lainnya dalam postingan tersebut, tidak hanya pendamping desa, warga lainnya pun mayoritas menanggapi negative tulisan anggota DPR RI tersebut.

‘’Wakilnya rakyat kok caranya gitu. Kalau pun kinerja pendamping buruk misalnya, kan bisa ajak pendamping bertemu dan diskusi Biar tau langsung benar atau tidak. Kan itu namanya wakil rakyat. Bukan nulis di Facebook. Ya jelas, kalau saya di posisi pendamping misalnya, saya juga tersinggung juga,” tulis akun lainnya.

Penulis: zhf
Editor: zhf