Dua Desa di Kerinci Diterjang Banjir

Senin, 23 April 2018 - 17:26:35 | dibaca: 244 kali


Longsoran terjadi di desa Pungut Hilir akibat diterjang banjir
Longsoran terjadi di desa Pungut Hilir akibat diterjang banjir / jni

KERINCI, meranginekspres.com- Intensitas hujan yang tinggi di Kabupaten Kerinci saat ini menyebabkan sering terjadinya bencana banjir, seperti yang terjadi Minggu (22/04) dimana ada dua desa yang kebanjiran setelah diguyur hujan deras.

Dua Desa yang diterjang banjir yakni, Desa Sungai Medang, dan Desa Sungai Tutung Kecamatan Air Hangat Timur. Kedua desa tersebut terkena bencana pada Minggu (22/04). Dimana air bercampur lumpur menerjang Desa Sungai Tutung dari arah perbukitan desa, merendam jalan hingga memasuki rumah warga.

‘’Ya banjir kembali terjadi jalan dipenuhi air dan lumpur, hingga masuk kerumah,” jelas Deka warga Desa Sungai Tutung.

Tidak hanya banjir, bencana tanah longsor juga terjad di Desa Pungut Hilir, dimana longsor tersebut memaksa pengguna jalan harus ekstra hati-hati melewati jalan tersebut.

‘’Jarak beberapa lama hujan deras mengguyur longsor terjadi, diikuti dengan tanah amblas disamping jalan, kalau tidak hati-hati bisa jadi pengguna jalan celaka,” sebut Aswardi warga Desa Pungut Hilir.

Sementara itu, Kepala BPBD Kerinci, Darifus juga membenarkan akan kejadian dua bencana didua desa dalam Kecamatan Air Hangat Timur hari ini, kejadian banjir terjadi di Desa Sungai Tutung dan longsor terjadi di desa pungut.

‘’Banjir air disertai lumpur terjadi di sungai tutung, saat ini kami tengah dilokasi. Kalau longsor terjadi dipungut, kondisinya cukup mengkhawatirkan,” jelasnya.

Atas kejadian tersebut, lanjutnya dia menghimbau kepada warga Desa Sungai Tutung untuk tetap waspada akan kejadian bencana ditengah musim hujan yang terjadi saat ini.

‘’Begitu juga dengan warga Pungut dan sekitarnya untuk selalu waspada akan terjadinya bencana didaerahnya, saat ini kita sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kerinci untuk mengerahkan alat berat ke lokasi,” tutupnya.

Penulis: jni
Editor: zhf