Debat Kandidat Dipastikan Tanggal 12 mei 2018

'Adu' Program dan Visi-Missi Paslon, Live di TVRI Jambi

Selasa, 17 April 2018 - 16:42:38 | dibaca: 763 kali


Acara rakor yang berlangsung di KPU kabupaten Merangin
Acara rakor yang berlangsung di KPU kabupaten Merangin / ist

BANGKO, meranginekspres.com- Setelah sebelumnya sempat merencanakan pada tanggal 5 Mei 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin, memastikan jadwal Debat Publik Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Merangin, 2018-2023 digelar pada Sabtu tanggal 12 mei 2018 malam.

Acara yang juga kerap disebut Debat Kandidat ini, menurut rencana akan dimulai pukul 19.00 WIB, dan disiarkan secara langsung alias live, di stasiun TVRI Jambi.

Komisioner KPU kabupaten Merangin, Janiko mengatakan, adapun acara debat yang bakal digelar di Aula STKIP Bangko, di bilangan Talang Kawo itu, dikemas dalam enam segmen.

"Insyaallah dalam acara debat ini, ada enam segmen, yakni Opening yang didalamnya termasuk Pemaparan Visi dan Misi paslon, dilanjutkan dengan segmen berikutnya yakni Penajaman Visi misi," terang Janiko.

Baca juga: Debat Publik Direncanakan Bulan Mei

Selanjutnya kata Janiko, panelis debat yang akan diambil dari para ahli pada beberapa bidang ilmu, melalui moderator akan menyuguhkan pertanyaan kepada setiap paslon, terkait dengan isu daerah.

Di segmen berikutnya akan memasuki sesi tanya jawab antar paslon, dalam sesi ini, masing-masing paslon berkesempatan melemparkan pertanyaan ke paslon lainnya, dan paslon yang ditanya diberi waktu untuk menjawab.

"Sesi ini hanya tanya jawab, tidak ada tanggapan. Sedangkan sesi tanya jawab yang disertai dengan tanggapan kembali dari yang bertanya, akan ada pada sesi berikutnya," beber Janiko lagi.

Selesai rangkaian segmen tersebut, acara Debat Publik ini, akan memasuki segmen penutupan.

"Diperkirakan waktu debat ini selama dua jam, perinciannya 30 menit acara pembukaan, 60 menit acara inti dan 30 menit iklan," tambah Janiko.

Selain akan mendatangkan panelis dari kalangan pakar akademisi, maupun pakar ilmu lainnya, acara Debat Publik ini rencananya bakal dipandu oleh Chaca Anissa yang merupakam salah satu presenter terbaik salah satu Stasiun TV Nasional. 

KPU bertekat mengutamakan kualitas acara tersebut, untuk itu KPU juga berencana akan menggunakan Even Organizer (EO) yang punya kualitas baik.

"Untuk materi debat, sudah diatur dalam pasal 68 uu no 10 2016, dan juga pasal 21 PKPU nomor 4 tahun 2017," kata Janiko lagi.

"Semoga acara debat publik yang diselenggarakan sekitar tiga hari menjelang puasa ini, membawa berkah bagi seluruh masyarakat Merangin," tutpnya

Penulis: zhf
Editor: zhf