Aplikasi SISKEUDES Segera Berlaku di Tanjab Barat

Kamis, 12 April 2018 - 23:48:07 | dibaca: 47 kali


Acara bimbingan pelatihan Siskeudes di Tanjab Barat
Acara bimbingan pelatihan Siskeudes di Tanjab Barat / hry

KUALA TUNGKAL, meranginekspres.com- Seluruh desa yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada tahun 2018 ini, sudah harus menggunakan aplikasi Sistim Keuangan Desa (SISKEUDES), dan tidak lagi menggunakan aplikasi manual. 

Untuk menata keuangan desa mengunakan aplikasi SISKEUDES, Dinas Pemberdaya Masyarakat Desa (DPMD) Tanjabbar membuka bimbingan pelatihan sistim keuangan di Desa Mandala Jaya, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjabbar. 

Tujuan dengan adanya aplikasi tersebut,  setiap pengeluaran yang  dilakukan pihak desa. Nantinya bisa terkontrol dan terkendali  berdasar pengeluaran yang dibelanjakan.

Pelatihan system Keuangan Desa ini sendiri,  diikuti perwakilan setiap desa dan dari pihak Kecamatan,  yang narasumbernya langsung dari dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Heri Yanto, Admin SISKEUDES  Kabupaten dari DPMD mengatakan, dengan kegiatan ini pihak nya melatih setiap operator  desa agar mereka mahir dalam menjalankan aplikasi.

“Kegiatan yang dilakukan ini bukan hanya satu Kecamatan saja, namun seluruh Kecamatan yang ada di Tanjabbar," ujar nya. 

Kata dia, peserta bimbingan pelatihan yang dilakukan seperti di Kecamatan betara ini, dikuti masing-masing dua orang dari sebelas desa dan dua orang dari Kecamatan. 

“Diperbantunya dua orang operator Kecamatan adalah bertugas untuk memperefikasi hasil kebenaran yang diinput oleh pihak desa,” sebutnya.

Penulis: hry
Editor: zhf