Kadis Perhubungan Akan Tindak Oknum Petugas TPR Sungai Tebal

Rabu, 11 April 2018 - 21:11:22 | dibaca: 551 kali


Safrani
Safrani / ist

BANGKO, meranginekspres.com- Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Merangin, Safrani dikonfirmasi tidak menampik adanya informasi terkait dugaan pungli TPR di Sungai Tebal.

‘’Kami juga pernah dapat informasi itu, ado kendaraan yang diminta bayar retribusi hingga Rp 10.000. namun kalau berdasarkan Perda, besaran retribusi itu berkisar Rp 3.000 hingga Rp 4.000,” jelasnya.

Dilanjutkannya, untuk menghindari terjadinya pungli, ia menghimbau agar membayar retribusi sesuai dengan yang tertera di karcir retribusi. Dan masyarakat juga bisa meminta petugas menunjukan Surat Perintah Tugas (SPT) dari Dishub, jika mereka tidak bisa menunjukan SPT nya, berarti mereka bukan merupakan petugas resmi dari Dishub.

Baca juga: TPR 'Miterius' Resahkan Pengguna Jalan

‘’Bayarlah sesuai yang tertera dikarcis, kalau karcisnya tidak diberikan tidak usah dibayar retribusinya. Intinya itu oknum, maklumlah manusio ni macam-macam perangai, kalau tidak ada bukti itu pungli namonyo,” ujar pria yang lebih dikenal dengan sapaan Kanceng itu.

Lebih lanjut dikatakannya, dirinya akan menindaklanjuti informasi tersebut, ia akan memanggil empat orang petugas Dishub yang di SPT kan untuk menarik retribusi di TPR Sungai Tebal tersebut. Jika sudah dilakukan, maka pihaknya akan mengetahui, siapa oknum yang bermain dalam penarikan retribusi diluar Perda tersebut yang merupakan pungli tersebut.

‘’Saya akan tindak lanjut siapa yang melakukan ini, saya akan panggil petugas yang kita perintahkan untuk bertugas disana. Dengan itu, kita akan mengetahui siap oknum yang bermain,” katanya.

Dikatakannya, berdasarkan survey yang dilakukan pihak perhubungan, ada potensi PAD diwilayah Sungai Tebal tersebut, jika pihaknya tidak bergerak cepat, sangat disayangkan tidak dimanfaatkan.

Atas dasar itulah, maka di kawasan Sungai Tebal sengaja ditempatkan pos TPR, hanya saja pihaknya kecolongan dengan ulah oknum di pos TPR tersebut.

Penulis: sup
Editor: zhf