Berstatus CPNS, Jika Tidak Disiplin Bisa Gagal Jadi PNS

Selasa, 10 April 2018 - 07:07:42 | dibaca: 412 kali


/

KUALA TUNGKAL, meranginekspres.com- Bagi para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan hanya mengantongi sertifikat Surat Tanda Tamat Prajabatan, harus waspada. Pasalnya, mereka bisa saja gagal menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal ini lantaran pemerintah daerah mempunyai hak penuh untuk mengangkat mereka menjadi PNS atau tidak. Jika sebelum menyandang status PNS, ada yang melakukan tindakan pidana, tercela atau pun tidak disiplin, bisa saja status PNS-nya tidak keluar.

Seperti yang disampaikan oleh Encep Zarkasih, Kepala BKPSDM Tanjabbar, jika pengangkatan PNS menjadi kewenangan penuh pemerintah daerah. Jika dianggap tidak layak, maka tentu SK-nya tidak keluar.

“Kalau masih berstatus CPNS itu ya masih rawan. Pemerintah memiliki hak penuh untuk tidak mengangkat seorang CPNS menjadi PNS, jika ia melakukan perbuatan tercela,” terangnya.

Untuk itulah, Encep menegaskan, agar para CPNS untuk lebih disiplin dalam bekerja. Selain itu, juga bisa membawa diri selama belum diangkat. Sehingga tidak tersandung masalah hukum.

Kepala BKPSDM itu juga menambahkan, jika nantinya sudah diangkat menjadi PNS, tugasnya akan lebih berat lagi. Sebab para PNS dituntut untuk lebih kreatif lagi. Mereka harus berfikir bagaimana memajukan suatu daerah sesuai dengan bidangnya.

“Kalau sudah jadi PNS, ya harus lebih giat lagi untuk memajukan daerah,” pungkasnya.

Penulis: hry
Editor: zhf