Juknis Baru Sebabkan Mandeknya Dana BOS  

Rabu, 28 Maret 2018 - 01:37:39 | dibaca: 125 kali


AR. Mulyadi
AR. Mulyadi /

 

BANGKO, ME- Hingga kini, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tak kunjung dicairkan. Akibatnya banyak sekolah yang kelimpungan, bahkan ada yang sampai ‘ngutang’ demi tetap bias menjalankan operasional sekolah.

Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan dana BOS ini tak kunjung dicairkan?

Disela sela kesibukkanya, Sekretaris Dinas (Sekdin) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Merangin, AR. Mulyadi yang dijumpai diruang kerjanya, mengatakan bahwa sebenarnya dibawah sudah tidak ada kendala lagi untuk pencairan dana BOS ini

‘’Sebenarnya kalau dari kita tidak ada kendala lagi,” Ujar Mulyadi.

Namun belum dicairkannya dana BOS tersebut, menurutnya disebabkan adanya Petunjuk Teknis (Juknis) baru dari pusat, sehingga dengan juknis yang baru ini menurutnya pihak sekolah belum terbiasa.

‘’Sehingga dalam penyusunan LPj, pihak sekolah masih ada kekurangan disana-sini. Nanti kalau semua sudah diikuti sesuai petunjuknya, akan terasa enak dan mudah dengan sendirinya,” tambah Mulyadi.

Baca juga: Dana Bos Mandek, Sekolah Terpaksa 'Ngutang'

Ditempat terpisah, seorang Kepala Sekolah Dasar di lingkungan UPTD Pamenang Selatan, Amat Barkah mengaku memang mengalami sedikit kesulitan dalam hal pelaporan SPj dana BOS ini, itu menurutnya dikarenakan system pelaporan yang sudah serba online.

‘’Karena semua data sekarang pelaporannya online semua,  sehigga memang betul-betul harus akurat, baik itu daftar dapodik atau RKKS, semua harus valid dan sesuai dengan Rencana Anggran Sekolah. Tapi Alhamdulillah sekarang kami tidak menemui kendala lagi, Insha Allah sudah sesuai,” tanggapnya.

Penulis: tfk
Editor: zhf