Pencairan Dana BOS Belum Bisa Dipastikan

Kamis, 22 Maret 2018 - 18:06:58 | dibaca: 87 kali


Hennizor saat memantau di Sekolah
Hennizor saat memantau di Sekolah / Ist

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Merangin, M.Zubir melalui Manager dana BOS Dikbud Merangin, Hennizor mengatakan, bahwa dia belum bisa memastikan kapan akan dicairkannya dana BOS tahap pertama tersebut. Menurutnya, dia masih menunggu kepastian pemerintah Propinsi kapan dana tersebut akan dicairkan.

“Ini kan dana Hibah (BOS-red) dari propinsi, kita masih menunggu dari pemerintah propinsi. Kalau sudah masuk dipropinsi biasanya ditransperkan kepemerintah daerah,”katanya.

Ia menambahkan bahwa pemerintah kabupaten Merangin sudah menjalankan tugas dan sudah berkoordinasi kepada pemerintah propinsi. Termasuk juga sudah menyelesaikan RKAS, dan laporan dari masing-masing sekolah.

Baca juga: Ini Penyebab Dana BOS Mandek

“Secara keseluruhan  kita sudah siap. MoU juga sudah kita buat. Tinggal lagi pemerintah propinsi yang mentransperkannya,”ujarnya.

Pencairan dana BOS juga dilihat dari data dapodik online masing-masing sekolah. Karena pencairan berapa jumlah dana yang ditransperkannya berdasarkan data Dapodik tersebut.

“Untuk saat ini kami berharap pihak sekolah bersabar menjelang pencairan dana itu, aktifitas sekolah tetap berjalan seperti biasanya, meskipun terkendala biaya operasional,”paparnya.

Secara umum kata dia, mandeknya pencairan dana BOS tidak hanya terjadi di Kabupaten Merangin saja. Akan tetapi juga terjadi di Kabupaten lainnya dipropinsi Jambi.

“Kalau sudah cair biasanya kami cepat beritahu pihak sekolah. Dan lagi pencairannya langsung kerekening sekolah. Yang jelas sampai saat ini kami tidak bisa memastikan kapan akan dicairkannya dana tersebut,” pungkasnya.

Penulis: bar
Editor: zhf